Latest Movie :

Antara Penghasilan dan Penampilan

Dan yang parah lagi penghasilan dan penampilan pas2an...

Usai melakukan kunjungan ke beberapa sekolah, saya memutuskan untuk beristirahat
sejenak di sebuah tempat bermain futsal di pinggir jalan. Motor saya arahkan
pada sebuah tempat parkir yang agak dekat dengan seorang penjual jajanan anak.
Sambil menyaksikan permainan futsal, sesekali saya mencuri pandang ke arah
pedagang tersebut. Ia tampak sibuk mengolah bahan dan memasak makanan, sementara
beberapa remaja yang telah usai bermain futsal tampak asyik menikmati jajanan
tersebut.

karena penasaran, saya akhirnya mendekat dan ikut serta dalam 'pesta' tersebut.
Ternyata lumayan enak, setidaknya buat lidah saya yang memang sedari kecil
termasuk yang jarang jajan. Padahal bahan utama jajanan tersebut hanyalah telur
ayam yang ditambahi penyedap rasa dan soda pengembang untuk kue. Iseng2 saya
mengajaknya kenalan dan ngobrol, sekaligus untuk mengobati rasa penasaran saya.
Namanya mas Anto, dan ia sudah berjualan jajanan tersebut selama kurun waktu 2
tahun. Setiap hari ia mangkal di sebuah sekolah dasar pada pagi hari, dan
sekolah dasar lainnya pada sore hari.

Sempat ada keraguan ketika saya ingin menanyakan masalah penghasilan, khawatir
ia tersinggung atau justru malu mengatakannya. Namun ternyata, saya justru
terkejut mendengar jawabannya. Setiap hari ia mampu mengumpulkan uang setidaknya
300rb, dengan modal hanya berkisar 100rb. Itu artinya, ia mempunyai penghasilan
bersih 200rb per hari. Dan itu artinya lagi, ia memiliki penghasilan setidaknya
6jt rupiah per bulan ! Luar biasa.... Jauh dibandingkan pendapatan saya.

Kalo dilihat dari penampilannya, yang hanya menggunakan sepeda tua yang warnya
sudah kusam, kaos lengan panjang yang warnanya sudah memudar, sepatu yang juga
gak ada merk, plus topi dan sehelai handuk kecil di lehernya, sepertinya tidak
sesuai dengan pendapatannya.
Sebentar.... .
Tunggu dulu.....
Sepertinya disinilah letak kesalahan saya. Seperti (mungkin) kebanyakan anda,
saya kerapkali menilai penghasilan itu dari penampilan atau jabatan. Padahal
kedua hal tersebutlah yang sering menjebak kita, sehingga kita kerap berada di
titik impas alias zero. Satu titik dimana penghasilan kita justru lebih banyak
kita gunakan untuk memenuhi kepentingan penampilan dan jabatan, sehingga saldo
kita tidak pernah ada untuk yang lainnya. Lebih parah lagi, jika itu juga
kemudian memaksa kita mengorbankan penghasilan kita di masa mendatang alias
hutang.

Kita seringkali terjebak pada penampilan dan jabatan. Baru punya jabatan
sedikit, dengan penghasilan yang bertambah sedikit, kemudian kita memaksakan
diri untuk tampil layaknya seorang dengan penghasilan yang tanpa batas. Menjaga
penampilan memang penting dan harus, tapi bukan berarti mendewakan penampilan.
Sayangnya... kita lebih sering membanggakan penampilan dan jabatan, daripada
penghasilan yang kita dapatkan. Penghasilan kecil tidak apa2, yang penting
penampilan keren dan punya jabatan. Setiap hari naik mobil, meski mobil kantor.
Setiap hari di ruangan kantor yang sejuk, meski kalo pulang justru merasa pengap
dan panas di rumah kontrakan.

Senangnya menjadi Anto, ia tidak perlu repot memikirkan penampilan, toh tidak
akan ada yang menegur penampilannya. Beda dengan saya dan (mungkin) juga anda,
yang tidak bisa berpenampilan seenaknya. Tapi setidaknya kita bisa membatasi
diri untuk tidak mengejar penampilan saja, agar penghasilan kita tidak terkuras
hanya untuk membeli penampilan.

Setidaknya saya belajar sesuatu hari ini, bahwa penampilan dan jabatan tidak ada
hubungannya dengan penghasilan. Mas Anto yang penampilannya sederhana dan tidak
memiliki jabatan, ternyata memiliki penghasilan yang jauh lebih besar dari saya
yang tampil lebih gaya dan punya jabatan. Beruntung ia tidak menanyakan lebih
jauh tentang jabatan dan penghasilan saya. Kalo sampai ditanyakan, wah... jan
isin tenan aku......

Tetap Positif, Terus Semangat !!!

Gets Daily Updates!

Follow us!

Share This Movie :

Comment with Your Facebook Account

Masukkan comment anda tentang Keep on Moving, Sharing artikel menarik, Artikel indonesia, Artikel luar negri, new article, old article, Penemuan, Discovery, Serba Serbi, disini.

 
Home | About | Contact Us
Copyright © 2012. Fullonline.in
Editor: Fullonline
Proudly powered by Blogger